Judul : Memasukkan Suara di Macromedia Flash
link : Memasukkan Suara di Macromedia Flash
Memasukkan Suara di Macromedia Flash
Tutorial di bawah ini akan membahas bagaimana cara memasukan dan memainkan suara di Flash. Anda dapat memilih mau meminkannya di frame atau mau memainkannya dengan menggunakan Actionscript atau mau memainkan suara yang berasal dari swf.
1. Buatlah sebuah flash document kemudian tekan File>Import>Import to Library…
2. Pilih suara yang akan anda import. Format file yang bisa anda masukan adalah WAV (Windows), AIFF (Macintosh), MP3 (Windows/Macintosh), jika anda sudah menginstall Quicktime ver 4 keatas anda bisa mengimport suara yang lain yaitu AIFF (Windows/Macintosh), Sound Designer II (Macintosh), Sound Only QuickTime Movies (Windows/Macintosh), Sun AU (Windows/Macintosh), System 7 Sounds (Macintosh) WAV (Windows/Macintosh). Setelah anda pilih lalu tekan Open.
3. Jika anda ingin mengkompresi suara, anda bisa juga bisa melakukannya di flash. Caranya buka panel Library dengan menekan Ctrl+L. Klik kanan suara yang anda import dan pilih Properties…
4. Anda akan berada di panel Sound Properties. Ubah Compression sesuai yang anda inginkan
Memasukan suara ke frame
1. Klik/seleksi frame pada timeline yang anda ingin beri suara, misalnya anda menginginkannya di frame 1. Lalu tekan Ctrl+F3 untuk memunculkan panel Properties.
2. Ubah Sound di panel properties ke nama suara yang anda import. Di bawah sound, ada Effect dan Sync yang berfungsi:
None : tidak ada efek yang di aktifkan
Left Channel : Suara akan terdengar di speaker sebelah kiri saja
Right Channel : Suara akan terdengar di speaker sebelah kanan saja
Fade Left to Right : Suara akan terdengar dari speaker sebelah kiri ke speaker sebelah kanan
Fade Right to Left : Suara akan terdengar dari speaker sebelah kanan ke speaker sebelah kiri
Fade In : Volume suara akan semakin meningkat secara bertahap selama suara dimainkan.
Fade Out : Volume suara akan semakin menurun secara bertahap selama suara dimainkan.
Custom : Anda dapat mengatur effect sesuai keinginan anda dengan menggunakan Edit Envelope
Sync
event : suara akan dimainkan sampai selesai jika jumlah frame adalah 1 atau jumlah frame sama dengan panjang suara
start : suara akan dimainkan sampai selesai
stop : suara tidak akan dimainkan
stream : suara akan dimainkan sesuai dengan jumlah maksimal frame di timeline
Repeat : berapa banyak suara dimainkan
Loop : suara akan dimainkan secara terus menerus
3. Jika sudah selesai mengaturnya tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
Memaikannya dengan Actionscript
1. Tekan Ctrl+L untuk membuka panel Library. Klik kanan suara yang anda import di panel Library dan pilih Linkage…
2. Berikan centang pada Export for ActionScript
3. Ubah Identifier sesuai keinginan anda, misalnya kita ganti menjadi suara1. Jika sudah tekan OK
4. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukan script berikut:
1 2 3 4 5 6 7 8 | //mySound adalah sebuah variable, anda dapat menggantinya sesuai keinginan anda misalnya suaraKu mySound = new Sound(); //suara1 adalah Identifier yang anda berikan di Linkage mySound.attachSound("suara1"); //masukan script di bawah untuk memainkan suaranya //angka 1 di bawah ini menunjukan berapa banyak suara dimainkan //jika anda ingin memainkannya secara loop/terus menerus, ubah menjadi 999 mySound.start(0, 1); |
5. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
Memainkan suara dari swf
Caranya sama dengan yang ada dalam tutorial loadMovieNum
A. Membuat yang akan diload
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Tekan Ctrl+R, pada panel yang muncul cari suara yang diinginkan lalu tekan open.
3. Klik frame 1 dan tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul ubah Sound sesuai suara yang anda import tadi.
4. Pilih menu File>Save atau bisa juga menekan Ctrl+S pada keyboard. Berikan musik sebagai File Name lalu tekan Save.
5. Test Movie dengan menekan Ctrl+Enter sekaligus akan memunculkan musik.swf pada folder tempat anda menyimpan.
B. Membuat yang akan meload
1. Buatlah sebuah flash document.
2. Buatlah sebuah static text dengan tulisan LOAD dan buatlah sebuah persegi dengan panjang dan lebar yang sama dengan static text bertuliskan LOAD. Letakkan persegi panjang tersebut di tengah-tengah static text bertuliskan LOAD. Seleksi static text dan persegi panjang tersebut kemudian tekan F8.
3. Pada panel yang muncul masukkan load_btnsebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok. Seleksi button load_btndi stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan load_btn sebagai instance name
4. Buatlah sebuah static text dengan tulisan UNLOAD dan buatlah sebuah persegi dengan panjang dan lebar yang sama dengan static text bertuliskan UNLOAD. Letakkan persegi panjang tersebut di tengah-tengah static text bertuliskan UNLOAD. Seleksi static text dan persegi panjang tersebut kemudian tekan F8.
5. Pada panel yang muncul masukkan unload_btnsebagai name dan button sebagai type lalu tekan ok. Seleksi button unload_btndi stage kemudian tekan Ctrl+F3. Pada panel properties yang muncul masukkan unload_btn sebagai instance name
6. Tempatkan kedua tombol tersebut di bagian tengah-tengah stage.
7. Klik frame 1 dan tekan F9. Pada panel actions yang muncul masukkan script berikut :
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 | //ketika tombol load_btn ditekan load_btn.onRelease = function() { //tampilkan objek.swf di stage dengan kedalaman 1 loadMovieNum("musik.swf", 1); }; //ketika tombol unload_btn ditekan unload_btn.onRelease = function() { //hapus objek yang diload unloadMovieNum(1); }; |
8. Tekan Ctrl+Enter untuk melihat hasilnya.
Demikianlah Artikel Memasukkan Suara di Macromedia Flash
Sekianlah artikel Memasukkan Suara di Macromedia Flash kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.
Anda sekarang membaca artikel Memasukkan Suara di Macromedia Flash dengan alamat link https://maulananetwork97.blogspot.com/2016/05/memasukkan-suara-di-macromedia-flash.html
0 Response to "Memasukkan Suara di Macromedia Flash"
Post a Comment