Ikatan Kovalen

Ikatan Kovalen - Hallo sahabat Maulana Network, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Ikatan Kovalen, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Kimia, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Ikatan Kovalen
link : Ikatan Kovalen

Baca juga


Ikatan Kovalen

Ikatan Kovalen

Ikatan Kovalen - Assalamu'alaikum para pembaca, kali ini admin share tentang ikatan kovalen, materi ini admin share karena kemarin ada remedial kimia dan disuruh cari materi tentang ini, jadi admin rasa nggak ada salahnya kan sekalian di bagi, manatau berguna, oke langsung aja disimak infonya

Ikatan Kovalen

Ikatan Kovalen adalah ikatan yang terjadi jika adanya penggunaan elektron secara bersamaan oleh atom yang berikatan, serta ikatan ini terjadi antara unsur logam dan non logam. Bahasa mudahnya adalah pemakaian elektron secara bersama sama. sebagai contoh adanya ikatan yang membentuk senyawa air yaitu (H2O), masing masing atom menyumbangkan 2 buah elektron.

Pasangan elektron yang dipakai bersama disebut pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron valensi yang tidak terlibat dalam pembentukan ikatan kovalen disebut pasangan elektron bebas (PEB). Apabila yang digunakan bersama dua pasang atau tiga pasang maka akan terbentuk ikatan kovalen rangkap dua atau rangkap tiga. Jumlah elektron valensi yang digunakan untuk berikatan tergantung pada kebutuhan tiap atom untuk mencapai konfigurasi elektron seperti gas mulia (kaidah duplet atau oktet).

Ikatan kovalen akan menjadi stabil jika seluruh atom berjumlah 8 elektron (Teori Oktet), namun ada juga atom yang menyalahi teori oktet tetapi itu tidak menjadi masalah.

Pembentuk ikatan Kovalen

Seperti yang dijelaskan di atas, ikatan kovalen terjadi akibat pemakaian pasangan elektron secara bersama-sama oleh dua atom (non logam). Misalkan saja ikatan antara H (hidrogen) yang atom luarnya 1 dan Cl (klorida) yang atom luarnya 7. Kedua unsur tersebut merupakan unsur non logam. Untuk mencapai ikatan yang stabil baik H dan Cl memerlukan 1 elektron. Jadi 1 atom H akan berpasangan dengan 1 atom Cl.

Ikatan Kovalen
Ikatan Kovalen Menurut Struktur Lewis

Jenis Jenis Ikatan Kovalen

Ikatan Kovalen Koordinasi

Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen di mana pasangan elektron yang dipakai bersama hanya disumbangkan oleh satu atom, sedangkan atom yang satu lagi tidak menyumbangkan elektron. Ikatan kovalen koordinasi hanya dapat terjadi jika salah satu atom mempunyai pasangan elektron bebas (PEB).

Ikatan Kovalen Koordinasi
Contoh Ikatan Kovalen Koordinasi

Kepolaran Ikatan Kovalen

Perbedaan keelektronegatifan dua atom menimbulkan kepolaran senyawa. Adanya perbedaan keelektronegatifan tersebut menyebabkan pasangan elektron ikatan lebih tertarik ke salah satu unsur sehingga membentuk dipol. Adanya dipol inilah yang menyebabkan senyawa menjadi polar.
Pada senyawa HCl, pasangan elektron milik bersama akan lebih dekat pada Cl karena daya tarik terhadap elektronnya lebih besar dibandingkan H. Hal itu menyebabkan terjadinya polarisasi pada ikatan H – Cl. Atom Cl lebih negatif daripada atom H, hal tersebut menyebabkan terjadinya ikatan kovalen polar.

Ikatan Kovalen [Polar dan Non Polar]
Kepolaran Ikatan Kovalen
Oke itulah share admin kali ini untuk lebih mengenal ikatan kovalen kamu juga bisa meliat tentang Bentuk Bentuk Molekul Serta Teori Teorinya, terima kasih sudah mau membaca artikel dari Blog Cyber Poin, untuk anda yang belum mengerti langsung aja berkomentar... Terima kasih dan semoga bermanfaat :)


Demikianlah Artikel Ikatan Kovalen

Sekianlah artikel Ikatan Kovalen kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ikatan Kovalen dengan alamat link https://maulananetwork97.blogspot.com/2014/12/ikatan-kovalen.html

0 Response to "Ikatan Kovalen"

Post a Comment